Rabu, 08 Desember 2010

Apa Itu Wikileaks?

Dalam beberapa kurun waktu terkahir kata Wikileaks sangat heboh di internet dan menjadi bahan perbincangan di berbagai belahan dunia. Sebenarnya apa itu Wikileaks? Wikileaks adalah sebuah organisasi yang bermarkas di Swedia. Halaman Wikileaks adalah sebuah halaman website yang memuat berbagai berita-berita kontroversial termasuk mengenai pengungkapan dokumen rahasia Amerika Serikat.


Wikileaks didirikan oleh Julian Assange, seorang mantan hacker dari Australia ini mengaku sangat suka mengembangkan sistem yang besar dan membuat repot para penguasa. Dua tahun lalu kepala redaksi WikiLeaks ini dianugrahi penghargaan “Index on Censorship" dari majalah berita The Economist. Assange pernah menerima penghargaan media dari organisasi Amnesty Internasional.

Secara resmi Wikileaks beroperasi di bawah organisasi yang diberi nama Sunshine Press dan mengaku mendapat dana dari para pegiat hak asasi manusia, wartawan investigatif, ahli teknologi, dan khalayak umum.

Dalam pekerjaan mereka, para pekerja WikiLeaks tentu saja tidak hanya punya pendukung. Pemerintah AS berulang kali menuding WikiLeaks mengancam keselamatan negara dan tidak obyektif. Tuduhan yang kedua tentu saja berbeda dengan pendapat yang diungkapkan pihak lain terhadap WikiLeaks.

Menurut keterangan, WikiLeaks sudah mendapatkan gugatan hukum dari beberapa negara, namun hingga kini semua gugatan dimenangkan WikiLeaks. Server organisasi yang dibiayai dari sumbangan ini tersebar di berbagai negara. Terutama di negara yang memberikan ruang gerak lebih luas bagi publikasi materi informasi rahasia.

0 komentar:

Posting Komentar

MARI BUDAYAKAN BERKOMENTAR...!!!

Hallo sobat atahira...,
Kiranya berkenan memberi sepatah dua patah kata komentar untuk postingan ini.
Komentar sobat sangat berharga untuk kemajuan blog ini, terimakasih.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

DAN BERCERMINLAH..., KARENA DENGAN BERCERMIN KITA BISA MERUBAH DIRI

Kata Mutiara

"Jangan terlalu berlebihan memuji seseorang, karena kita akan merasa malu ketika suatu saat harus mengakui kekurangannya.
dan jangan terlalu berlebihan menghujat seseorang, karena kita akan menjadi risih ketika suatu saat harus mengagungkan kelebihannya"