Minggu, 16 Maret 2014

Do'a Setelah Sholat Dhuha

Sahabat Atahira.. singkat saja.. kali ini saya ingin coba menulis Do'a setelah Sholat Dhuha. Memang sudah banyak yang membuat postingan lebih lengkap tentang keutamaan, tata cara maupun do'a setelah sholat Dhuha ini. Tapi kesempatan kali ini saya hanya menulis Do'a setelah Sholat Dhuha saja. Seenggak-enggaknya bisa bermanfaat untuk diri saya sendiri.

Sebelumnya saya ingin coba mereview sedikit sholat Dhuha itu sendiri. Sholat Dhuha ialah sholat sunat yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik hingga menjelang waktu Dzuhur. Banyak dijelaskan keutamaan dari sholat Dhuha ini, seperti yang saya baca antara lain sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia, ghanimah (keuntungan) yang besar, sebuah rumah di surga, memperoleh ganjaran di sore hari, pahala umrah dan ampunan dosa (lain waktu kita bahas, Insya Allah).

Waktu Dhuha
Melakukan sholat Dhuha hukumnya sunnah, sekurang-kurangnya dua rakaat dan boleh dilakukan empat, enam, delapan atau dua belas dengan salam di tiap dua rakaatnya. Tatacaranya sama seperti sholat umumnya, hanya lafazd dan niatnya yang berbeda.


Usholli Sunnatadl dluha rak'ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta'aala
"Aku berniat sholat sunat Dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allat ta'ala".

Mengenai surat pendek setelah membaca Al-Fatihah, para ulama berbeda pendapat dalam menetapkan apa surat pendek dalam sholat Dhuha. Menurut Ibnu Abidin yang sebaiknya dibaca pada sholat Dhuha adalah surat asy-syam pada rakaat pertama dan surat ad-dhuha pada rakaat kedua. Hal ini berdasarkan riwayat dari Uqban ibn Amir. "Kami diperintahkan Rasulullah SAW untuk membaca untuk shalat dhuha dengan membaca sejumlah surat, di antaranya asy-syams dan adh-dhuha."

Sementara dalam Nihayatul Muhtaj disebutkan bahwa yang lebih utama membaca surat al-kafirun dan al-Ikhlas karena surat al-Ikhlas setara dengan sepertiga Alquran dan al-Kafirun setara dengan seperempat Alquran.

Namun demikian, jika membaca surat atau ayat lain di luar keempat surat yang disebutkan di atas maka boleh dan tidak dilarang. Dengan kata lain, kita bisa membaca surat pendek yang kita kuasai, wallahu a'lam. Berikut bacaan Do'a setelah Sholat Dhuha.

Do'a setelah Sholat Dhuha Dalam Bahasa Arab

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ 

 وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَوَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ  وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ 

اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِىاْلاَرْضِ 


 فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ 

 وَاِنْ كَانَبَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ 

 بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِى 

 مَااَتَيْتَعِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Do'a setelah Sholat Dhuha Dalam Bahasa Latin
ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHALIHIN.

Arti Do'a setelah Sholat Dhuha dalam Bahasa Indonesia
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Oke, sahabat Atahira yang Muslim, udah Dhuha belum nih? buat yang belum yuk kita Dhuha dulu. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, dan kita selalu Istiqamah di jalan-Nya, aamiin.

3 komentar:

  1. makasih gan, semoga mejadi berkah

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya bro, menambah pengetahuan saya ..

    jangan lupa Mampir dan Update Info Lowongan Kerja Terbaru Anda Disini : Expo CPNS BUMN (Expo Loker : http://expocpnsbumn.blogspot.com/)

    BalasHapus

MARI BUDAYAKAN BERKOMENTAR...!!!

Hallo sobat atahira...,
Kiranya berkenan memberi sepatah dua patah kata komentar untuk postingan ini.
Komentar sobat sangat berharga untuk kemajuan blog ini, terimakasih.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

DAN BERCERMINLAH..., KARENA DENGAN BERCERMIN KITA BISA MERUBAH DIRI

Kata Mutiara

"Jangan terlalu berlebihan memuji seseorang, karena kita akan merasa malu ketika suatu saat harus mengakui kekurangannya.
dan jangan terlalu berlebihan menghujat seseorang, karena kita akan menjadi risih ketika suatu saat harus mengagungkan kelebihannya"