Sabtu, 11 Desember 2010

Agar Badan Tetap Fit Dan Bugar Meski Kerja Ekstra

Dalam dunia kerja, seringkali kita disibukkan dengan aktifitas-aktifitas kerja yang padat sesuai masing-masing bidang kerja. Pada akhir misalnya, seorang pegawai dituntut untuk membuat laporan atas tugasnya selama satu bulan terakhir yang akan memakan waktu untuk menyelesaikannya. Apalagi pada saat akhir tahun seperti saat sekarang ini, biasanya setiap orang disibukkan dengan pekerjaan yang harus segera diselesaikan mengingat sudah di penghujung tahun, atau masih adanya pekerjaan terhutang yang semestinya harus sudah selesai beberapa minggu yang lalu.

Agar semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan lebih sempurna, terkadang kita memerlukan waktu yang lebih banyak, kerja ekstra dan kebugaran tubuh tentunya. Pengaturan waktu dalam pola kerja ekstra yang tidak tepat dapat mengkibatkan menurunnya produktifitas yang berimbas terhadap kualitas dan kuantitas menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat badan tetap fit meski harus kerja lembur.

1. Usahakan untuk bangun pagi lebih awal setiap harinya paling lambat pukul 05.30 WIB. Tujuannya selain untuk melatih kedisiplinan, bertujuan juga agar tubuh bisa mendapatkan udara pagi yang masih segar dan baik untuk pernapasan. Sempatkan melakukan olahraga ringan semisal lari-lari kecil ditempat sangat membantu dalam pemanasan tubuh untuk memulai aktifitas harian. Ogsigen yang cukup juga memberikan dampak positif untuk peredaran darah dan akan meningkatkan daya konsentrasi kita dalam menjalankan aktifitas.

2. Biasakan untuk sarapan pagi, ini dimaksudkan untuk memberikan energi ke tubuh dalam memulai aktifitas harian. Selain itu sarapan juga berdampak baik untuk kesehatan pencernaan dalam jangka panjang. Dengan sarapan, kita akan menghindari dari porsi makan besar pada siang hari akibat dari rasa balas dendam karena seharian belum makan.

3. Jika kerja lembur, perlu diatur jadwal lembur dengan sebaik-baiknya. Sediakan makanan, minuman, rokok dan bila perlu obat anti masuk angin sebagai teman sekaligus tambahan energi dan mencegah masuk angin. Sebagian orang memiliki kebisaan menghisap rokok sebagai teman dalam lemburnya. Jangan sampai memaksakan diri kerja sampai larut, sehingga besoknya tidak bisa bangun pagi atau berdampak tidak bisa konsentrasi pada keesokan harinya. Hal ini sering terjadi pada beberapa pegawai yang selalu menghabiskan waktunya untuk menyelesaikan pekerjaan pada malam hari hingga dinihari, namun esok harinya harus telat datang ke kantor karena bangun kesiangan yang tentunya akan berdampak pada waktu dan citra seorang pekerja. Terkadang ada pekerjaan yang memang harus dilemburkan hingga beberapa hari berturut-turut. Dalam hal ini sebaiknya diatur waktunya agar jam tidur anda tidak terlalu berpengaruh, misalnya 2 malam berturut-turut lembur sampai dinihari bahkan subuh, maka pada malam ke-3 nya tubuh dimanjakan dengan istirahat yang cukup 6-8 jam, sehingga tubuh juga dapat tetap beristirahat.

4. Makan yang teratur dan bergizi setiap harinya sangat bagus untuk melakukan aktifitas, tentunya sebagai asupan gizi dan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan lupa untuk mengkonsumsi Vitamin sebagai suplemen tambahan bagi tubuh yang melakukan kerja ekstra. Agar terjadi keseimbangan antara keluaran dan masukan dalam tubuh kita.

Kerja lembur hingga larut pada sebagian orang sudah menjadi hal yang biasa, apalagi pada akhir tahun seperti sekarang ini. Bahkan sebagian orang malah berpendapat bahwa bekerja dimalam hari dapat lebih meningkatkan daya konsentrasi, sehingga bekerja akan lebih optimal. Mungkin alasan itu tidak selamanya salah, karena setiap orang punya pendapat masing-masing dalam menentukan waktu terbaiknya berkonsentrasi dalam berfikir dan bekerja. Namun apapun kiatnya,alangkah lebih bijaksana jika kita juga dapat memelihara dan memperhatikan kesehatan fisik dan pikiran kita. Memaksimalkan menyelesaikan pekerjaan pada jam kerja standar juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi lembur pada malam hari.

0 komentar:

Poskan Komentar

MARI BUDAYAKAN BERKOMENTAR...!!!

Hallo sobat atahira...,
Kiranya berkenan memberi sepatah dua patah kata komentar untuk postingan ini.
Komentar sobat sangat berharga untuk kemajuan blog ini, terimakasih.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

DAN BERCERMINLAH..., KARENA DENGAN BERCERMIN KITA BISA MERUBAH DIRI

Kata Mutiara

"Jangan terlalu berlebihan memuji seseorang, karena kita akan merasa malu ketika suatu saat harus mengakui kekurangannya.
dan jangan terlalu berlebihan menghujat seseorang, karena kita akan menjadi risih ketika suatu saat harus mengagungkan kelebihannya"